Tiga Remaja Pelopor Bisnis Kuliner Jual Produk Pedesaan

By Administrator 04 Nov 2020, 00:18:42 WIB Sekilas info
Tiga Remaja Pelopor Bisnis Kuliner Jual Produk Pedesaan

BREBES - Tiga remaja Milenial di kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes berhasil melakukan usaha kuliner dengan membuka kedai/cafee Lava Java yang menyuguhkan menu kuliner namun sebagai unggulan di cafe ini menyediakan  minuman kopi  dari berbagai produk desa yang ada.

Lokasi caffee Lava Java yang berada di Kawasan Pancurawis Krajan, Desa  Langkap, Kecamatan Bumiayu ini sangat strategi untuk tongkrongan bagi penggemar minum kopi khususnya jenis robica dengan harga relatif dan terjangkau.

M.Pugi.F salah satu penggagas cafee mengatakan, pihaknya membuka,usaha ini bersama dua rekannya (Masruri, dan Wiji Utama) berupaya untuk bisa mengorbitkan minuman kopi produk lokal yang ada di Kabupaten Brebes bagian selatan. “Diantaranya kopi dari  Desa Pandansari, Wanatirta, Cilibur, Wanatirta (Paguyangan), Desa Dawuhan,( Sirampog), Baribis,(Bantarkawung) dan desa Capar  ,(Salem)” kata Pugi saat ditemui di caffeenya, Selasa (3/11).

Baca Lainnya :

Hal yang sama disampaikan Masruri, saat ini pengunjung yang datang mayoritas  menyukai rasa kopi yang berasal dari desa Dawuhan Sirampog, karena memiliki rasa yang khas dan unik.

Dijelaskan Masruri kopi dari Desa Dawuhan dengan rasa asam perpadu dengan aroma wangi pasalnya cikal biji kopi dari Lembang Bandung ditanam dan dibudidaya dikawasan hutan pinus dengan  ketinggian 1.400 meter diatas permukaan laut (mdpl).

"Karena tanaman kopi di sela selanya banyak yang pohon pinus, jadi rasa aroma pinus ikut terserap di kopi tersebut,” ujarnya.

Lanjut Masruri kopi Desa Dawuhan lebih banyak diminati. Kopi yang kini dikenal dengan kopi Gunung Wangi setelah diolah memiliki varian olahan berupa honey, wine, full wash dan natural sehingga caffe yang digagas,bersama ini sering dikunjungi terutama penggemar minum kopi.


Reporter: Firman /Lukman

Editor: Embong Sriyadi




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment