Sungai Glagah Meluap, Jembatan KA Lintasan KM 305/56 Ambrol

By Administrator 12 Jan 2021, 19:19:36 WIB Destinasi Wisata
Sungai Glagah Meluap, Jembatan KA Lintasan KM 305/56 Ambrol

BREBES - Bencana alam (Bencal) Meluap dan derasnya air sungai Glagah Tonjong Kabupaten Brebes mengakibatkan jembatan kereta api (KA) lintasan KM 305/56 Surabaya - Jakarta via Purwokeeto putus/ambruk, Senin malam (11/1).

Informasi yang dihimpun menyebutkan, Bencal jembatan KA putus/ambruk di Dukuh Timbang desa Tonjong Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes malam sekitar pukul 21.30 wib putus diterjang deras aliran sungai usai turun hujan lebat dengan intensitas tinggi sejak senin sore pukul 16.00 wib insiden tersebut tidak menelan korban jiwa.

Tatang Iratmaja selaku Pegawai PJKA/PDR Tonjong  membenarkan sebelum banjir terjadi kenaikan debit air sungai mulai pukul 18.15 WIB, dan puncaknya pada pukul 21.30 WIB, pilar jembatan jembatan itu terputus karena tak kuat menahan derasnya air sungai.

Baca Lainnya :

Dikatakan Tatang  untuk perjalanan KA jurusan Jakarta-Surabaya melalui Purwokerto/Yogyakarta, baik melewati jembatan Hulu/jalur 2 maupun jalur Hilir (1), sementara ditutup sampai ada penanganan  lebih lanjut. Dijelaskan Tatang masing-masing jembatan mempunyai 4 pilar, dan yang roboh adalah salah satu pilar di jalur hulu jembatan 2 atau sebelah barat, jembatan 1, yang jelasnya

Sementara kondisi rel KA masih menggantung. Sedangkan untuk kerugian belum bisa ditaksir. Menurut Tatang , peristiwa itu baru pertama kali terjadi sejak jalur kereta api itu dibangun puluhan tahun lalu.pungkas Tatang yang didamping Polsuska  Sudarno. Sementara  pihak PT KAI dibantu anggota TNI telah memasang garis pengaman (police line) dilokasi kejadian.


Reporter: Imam

Editor: Embong Sriyadi.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment