Rumah Milik Warga Ciomas Terkena Longsor Talud

By Administrator 04 Jan 2021, 18:25:23 WIB Bencana Alam
Rumah Milik Warga Ciomas Terkena Longsor Talud

BREBES - Sebuah rumah milik warga Rt 02/02 Desa Ciomas Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes akibat talud penahan rumah  setinggi 4 meter dan panjang 6 meter mengalami longsor, Sabtu pagi (2/2).

Sulasmi salah satu anggota Padegana Bantarkawung menerangkan talud penahan pemukiman warga  yang longsor terjadi Sabtu pagi sekitar pukul 07.00 wib mengakibatkan sebuah bangunan tembok dinding  rumah milik Isnaini Alamsyah warga Rt 02/02 mengalami retak retak dan terancam roboh yang dipicu guyuran hujan deras pada Jumat siang hingga malam hari  kemarin jelas Sulasmi yang juga  sebagai Kadus desa setempat.

“Sebagai upaya penanganan darurat pihak Pemdes telah mengecek dan pendataan rumah yang terancam sebagai bahan untuk membuat laporan kepada Pemda Brebes melalui Camat Bantarkawung serta menyampaikan himbauan kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dengan adanya musim hujan dan terhadap ancaman longsor,”.

Baca Lainnya :

Lanjut Sulasmi pihak Pemdes telah memberikan penanganan darurat terhadap kondisi rumah korban dengan mengerahkan warga untuk bergotong royong  membersihkan material longsor dan mengamankan barang isi rumah dari akibat longsor yang dibantu anggota Babinsa dan relawan

Sementara Ketua Relawan Padegana Bantarkawung Kohar SH mengapreasikan anggotanya yang siap tanggap dalam penanganan  terhadap bencana alam di desanya. Menurut Kohar konsisi wilayah kecamatan Bantarkawung yang  mayoritas pemukiman warga berada diatas tebing/bukit dengan kondisi tanah yang labil serta masih seringnya hujan lebat dengan intensitas cukup lama, sehingga sangat rawan adanya longsor.

“Kami berharap masyarakat bila turun hujan dengan intensitas yang cukup deras dan lama agar berhati-hati dan waspada warga yang rumahnya terancam agar mengungsi ke tempat yang lebih aman untuk berjaga-jaga manakala terjadi bencana longsor susulan karena saat ini musim hujan yang masih berlangsung,” pungkas Kohar.

Reporter: Imam

Editor: Embong Sriyadi




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment