Polri dan TNI Siap Siaga Bantu Pemkab Tangani Bencana Alam

By Administrator 05 Nov 2020, 00:19:39 WIB Sekilas info
Polri dan TNI Siap Siaga Bantu Pemkab Tangani Bencana Alam

BREBES - Kepolisian Resort Brebes  akan siap terus bersinergi dengan TNI dalam membantu Pemkab Brebes dalam kesiapsiagaan penanganan bencana alam (bencal) manakala terjadi erupsi Gunung Slamet yang sebenarnya.

Hal ini disampaikan Wakapolres Brebes, Kompol Suryo Wibowo SIK saat menghadiri acara Latihan  Penanggulangan Bencana Alam (Latgulbencal) erupsi Gunung Slamet  yang digelar di desa Dawuhan  Kecamatan Sirampog, Selasa kemarin  (03/11).

Suryo mengatakan, Polres Brebes akan terus bersinergi untuk membantu penanggulangan bencal  dengan mengerahkan peralatan dan pasukannya yang  telah dilatihkan sebagaimana cara bertindak dan bersinegi dengan instansi lainya untuk menangani bencal  tersebut.

Baca Lainnya :

"Penanganan bencal ini juga merupakan tugas dan  kewajiban jajaran Kepolisian untuk membantu penanggulangan bencal, dengan selalu terus bersinergi dengan seluruh instansi yang ada "ujarnya.

Sementara  para pelaku latihan yang terdiri dari 150 orang meliputi TNI dari gabungan, Polri, BPBD, Tim SAR, PMI, Dinkes, Banser, Kokam, RAPI, Pemuda Pancasila, Linmas, dan Pramuka Saka Wira Kartika Koramil 08 Bumiayu mereka dipersiapkan  untuk menangani manakala terjadi bencana alam - imam

BREBES - Akibat dampak pandemi Covid-19 jalan usaha tani (JUT)  di pedukuhan Tegalurung Desa Gegerkunci Kecamatan Songom Kabupaten Brebes, belum dapat diperbaiki. Pasalnya alokasi anggarannya dialihkan untuk penanganan Covid - 19 dengan pemberian bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat yang terdampak pandemi tersebut.

Hal ini dikatakan Kepala desa (Kades) setempat Zamroni saat mendampingi Camat Songgom untuk meninjau kondisi lokasi kerusakan jalan tersebut, Rabu (4/11).

Dijelaskan Zamroni, kondisi kerusakan jalan sepanjang 1,8 Km sudah lama  dan  Pemdes telah menganggarkan perbaikannya pada tahun anggaran 2020 ini sebesar Rp 300 juta dari Dana Desa (DD) namun terkendala refokusing anggaran Covid-19 sehingga batal dan dengan nilai yang sama  akan  kembali dianggarkan pada DD tahun 2021.

"Kami tetap kembali menganggarkan DD untuk memperbaiki kerusakan jalan yang merupakan kebutuhan masyarakat dengan berskala peioritas" jelas Zamroni.

Hal senada disampaikan Camat Songgom Nur Ary HY, pihaknya merasa prihatin dengan kondisi akses tersebut dan berharap maayarakat agar dapat memahami dengan anggaran yang dialihkan guna penanganan musibah ini mudah mudahan pandemi covid bisa berakhir dari muka bumi ini sehingga anggaran yang ada  bisa kembali  untuk membangun/memperbaiki sarana Infrastruktur yang rusak.

Reporter: Imam

Editor: Embong Sriyadi




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment