Pendakian Gunung Bisma Via Sikunang Resmi Dibuka
Tetap Taati Protokol Kesehatan

By Administrator 24 Jul 2020, 11:45:20 WIB Wisata
Pendakian Gunung Bisma Via Sikunang Resmi Dibuka

MENYAMBUT adaptasi kebiasan baru (ABK), sejumlah gunung kembali membuka jalur pendakiannya. Salah satu gunung yang baru saja membuka jalur pendakian adalah Gunung Bisma. Pendakian Gunung Bisma via Sikunang, Wonosobo resmi dibuka mulai Jumat (24/07/2020), setelah mundur dari rencana awal pembukaan pada bulan April lalu akibat dampak Covid-19.

Pembukaan jalur pendakian tersebut disampaikan melalui akun instagram @gunungbismoviasikunang selaku akun official pengelola jalur pendakian Gunung Bisma via Sikunang. Pembukaan jalur pendakian tersebut masih dalam tahap uji coba.

Koordinator Basecamp Cokro Adjie Bismo, Rohman mengatakan, pembukaan jalur pendakian Gunung Bisma via Sikunang tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari pembatasan jumlah pendaki yang hanya 100 orang per hari, pemeriksaan kelengkapan identitas diri yang harus disertai surat sehat, hingga wajib penggunaan masker dan hand sanitizer. Pendaki juga wajib menjaga jarak satu dengan yang lainnya.

Baca Lainnya :

“Kami menghimbau dan berharap kepada calon pendaki untuk tetap mentaati protokol kesehatan yang berlaku untuk memutus rantai penyebaran covid,” Ujar Rohman.

Sementara itu, Kepala Desa Sikunang, Nur Amin memastikan dalam pembukaan tahap uji coba ini tetap menerapkan protokol kesehatan baik bagi petugas maupun pengunjung.

“Protokol kesehatan pendakian ini harus ditaati semua pihak. Selain pendaki, petugas jaga juga harus punya peran yang berimbang. Sebelumnya kami sudah melakukan beberapa kali persiapan dan pertemuan. Kami sudah melakukan pelatihan rescue dan tanggap bencana, ada juga simulasi pendakian di masa pandemi yang dihadiri Dandim dan Satgas Covid Kabupaten Wonosobo,” tuturnya.

Nur Amin juga menyerukan untuk tetap bersama-sama mematuhi protokol kesehatan pendakian. Mewakili Pemerintah Desa Sikunang, pihaknya menyambut baik dengan adanya pembukaan jalur pendakian ini. Selain dapat memicu aktivitas sosial ekonomi, pembukaan jalur pendakian ini diharapkan dapat mengenalkan potensi wisata Desa Sikunang yang selama ini cenderung terkenal dengan aktivitas pertanian.

Gunung Bisma sendiri memiliki ketinggian 2365 mdpl serta memiliki 3 puncak yakni puncak tugel, puncak indraprasta, dan puncak hastinapura. Untuk bisa sampai ke masing-masing puncak, pendaki akan dimanjakan view alam yang indah, aktivitas pertanian warga, serta keanekaragaman hayati di sepanjang perjalanan. Pendaki juga bisa menikmati indahnya sunrise dan sunsite dari masing-masing puncak Gunung Bisma tersebut.

Jam’ul Jawami (Mahasiswa Sosiologi UIN Yogyakarta)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment