Empat Warga Dimakamkan dengan Prosedur Prokes

By Administrator 07 Des 2020, 18:33:37 WIB Covid-19
Empat Warga Dimakamkan dengan Prosedur Prokes

BREBES - Empat warga di Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, meninggal dunia dan keempat jenazah dimakamkan dengan protokol kesehatan (Prokes)

Keterangan yang dihimpun menyebutkan, pada Minggu (06/12/2020) warga Desa Kalierang Kecamatan Bumiayu ,berinisial KSI (53) jenis perempuan meninggal dunia  dan dimakamkan dengan prosedur pemakaman prokes karena dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil uji Swabnya.

Hari itu juga warga Desa Bumiayu inisial RKH (59) perempuan  dimakamkan dengan prokes namun baru diketahui reaktif, dan disarankan oleh pihak medis untuk dimakamkan secara prokes.

Baca Lainnya :

Keesokkan harinya Senin (07/12/2020)  menyusul warga Desa Bumiayu dengan inisial SLH perempuan meski non reaktif hasil rapid test, tetap dimakamkan sesuai prokes karena ada gejala yang mengarah.

Kemudian satu warga Desa Kalierang dengan inisial FR (55) laki-laki, meninggal dunia di Rumah Sakit Purwokerto dan hasil swab menunjukkan positif sehingga akan dimakamkan dengan prosedur prokes.

Ketua Gugus Tugas penanggulanan Covid-19 Kecamatan Bumiayu, Eko Purwanto SP MSi membenarkan adanya empat warga yang meninggal dan  semua dimakamkan  dengan mengikuti prokes  "Sejak kemarin dan hari ini ada empat yang dimakamkan secara prokes," ujarnya.

Menurutnya, dari empat jenazah tersebut dua dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan uji Swab. Sementara satu jenazah non reaktif dan satu reaktif, keempat jenazah tetap dilakukan pemakaman dengan prokes, karena hasil pemeriksaan ada gejala.

"Yang reaktif dan non reaktif tetap dilakukan pemakaman sesuai prokes untuk berjaga-jaga dan juga karena ada gejala," ungkap Eko.

Sementara, kepala BLUD UPT Puskesmas Bumiauyu, dr Ali Budiarto mengatakan, merebaknya wabah pandemi covid 19 akan sulit dihindari namun dapat dicegah penularannya asal disiplin dalam menerapkan  prokes

 Ali juga menyarankan, agar pencegahan Covid-19 tidak hanya sebatas himbauan pengunaan masker dan pembatasan kegiatan tapi juga pada penerapan sanksi tegas kepada yang melanggar."Diharapkan masyarakat akan patuh dengan ketentuan prokes" pungkasnya.

Reporter:  Imam

Editor: Embong Sriyadi




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment