Banjir dan Longsor di Brebes Selatan Rusak Infrastruktur

By Administrator 02 Des 2020, 18:15:23 WIB Bencana Alam
Banjir dan Longsor di Brebes Selatan Rusak Infrastruktur

BREBES - Hujan lebat yang mengguyur wilayah Brebes bagian selatan , pada Selasa (01/12/2020), mengakibatkan terjadinya beberapa bencana banjir dan longsor di beberapa wilayah kecamatan diantaranya di Bumiayu, Paguyangan, Bantarkawung, Sirampog dan Tonjong.

Hujan lebat mulai turun sekitar pukul 15.00 wib hingga sore bahkan malam hari. Berdasarkan data yang diperoleh wilayah yang terparah akibat , bencana  hujan ini terjadi di Desa Dukuh Gempol Desa Bantarkawung, air sungai Cibangbung meluap menggenangi jalan provinsi ruas Bumiayu-Bantarkawung di jalur tersebut maupun masuk ke pemukiman penduduk setinggi sekitar 1 meter sehingga puluhan warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman karena rumahnya terendam air.

Sementara akibat hujan pula terjadi longsor pada talud pengaman bangunan SD Waru 03 Bantarkawung  yang mengancam keselamatan ruang kelas.

Baca Lainnya :

Di Kecamatan Paguyangan, tepatnya di Desa Cilibur terjadi longsor di beberapa titik perdukuhan, di antaranya mengakibatkan kerusakan bangunan rumah warga dan tembok pagar SD Cilibur 01 ambruk dan kerusakan fasilitas umum lainnya.

Di Kecamatan Bumiayu terjadi banjir di belakang SD Kalierang 03 dan SD Kalierang 04, lapangan Pendawa akibat limpasan sungai Erang. Talud penahan tebing sungai Erang Desa Kalierang Kecamatan Bumiayu juga mengalami longsor.

Masih di wilayah Kecamatan Bumiayu, longsor menutup jalan Desa Adisana sehingga tidak bisa dilalui oleh kendaraan, lokasi di Dukuh Keputihan dan Dukuh Karanggamblok.

 

Di wilayah Kecamtan Sirampog terjadi banjir bandang di Desa Dawuhan, longsor di jalan Dukuh Jetak Desa Benda yang mengakibatkan akses jalan dukuh itu tertutup longsor. Longsor juga terjadi pada akses jalan Dukuh Paingan Desa Dawuhan.

Longsor tersebut juga mengakibatkan terputusnya akses jalan dari Dukuh Rembang Desa Batursari menuju Dukuh Paingan Dawuhan. Jalan tertutup material longsor dan ambruknya lantai dua bangunan rumah milik warga.

Di kecamatan Tonjong satu rumah warga di Desa Galuhtimur Kecamatan Tonjong ambruk. Pemilik rumah kini mengungsi karena rumahnya tidak dapat ditempati.

Koordinator Satgas BPBD Brebes pos Bumiayu Budi Sujatmiko membenarkan adanya bencana yang terjadi di wilayah selatan tersebut. ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (2/12). “Beberapa relawan langsung melakukan pengecekan ke lokasi bencana dan melakukan penanganan sementara. "Sebagian titik sudah mendapat penanganan  dari semua pihak" katanya.

Menurut Budi pihaknya memperkirakan masih ada bencana lainnya yang belum terdata karena laporannya belum masuk  Hingga saat ino pihaknya masih terus memantau dan mencari informasi dampak bencana lainnya.

"Kita masih terus monitor, barang kali masih ada bencana yang belum masuk laporannya," pungkas Budi. (imam/rizal)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment