Atasi Telat Haid dengan 5 Minuman Bahan Alami

By Administrator 28 Okt 2020, 11:44:34 WIB Gaya Hidup
Atasi Telat Haid dengan 5 Minuman Bahan Alami

SETIAP perempuan mengalami siklus menstruasi yang berbeda-beda. Meski normalnya siklus haid selama 24-38 hari, beberapa wanita mengalami siklus menstruasi tidak beraturan. Ada yang lebih cepat, lebih lambat, atau tidak haid hingga beberapa bulan. Sebab itu, Anda perlu mengetahui penyebab dan cara mengatasi telat haid.

Salah satu penyebab siklus menstruasi tidak teratur adalah perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron. Penyebab lainnya adalah stres, terlalu banyak melakukan olahraga, sedang hamil atau sedang menyusui, menggunakan alat kontrasepsi, sampai mengalami kondisi kesehatan tertentu, seperti polycystic ovary syndrome (PCOS), penebalan dinding rahim, fibroid rahim, dan gangguan kelenjar tiroid seperti hipertiroidisme atau hipotiroidisme.

Beberapa perempuan mengkonsumsi pelancar haid supaya menstruasi. Misalnya bahan-bahan alami untuk membuat minuman pelancar haid sendiri di rumah. Berikut adalah cara mengatasi telat haid dengan beberapa bahan rempah alami rumahan.

Baca Lainnya :

Minuman untuk melancarkan menstruasi:

1. Kunyit

Selain bermanfaat sebagai salah satu bumbu dapur, kunyit mengandung senyawa kurkumin yang berkhasiat sebagai obat. Kunyit juga memiliki efek yang mirip dengan hormon estrogen sehingga diyakini dapat membuat siklus haid menjadi teratur. Cara melancarkan haid dengan kunyit adalah dengan meminum minuman dari racikan kunyit. Anda dapat meminumnya dua kali sehari sebanyak 100-500 miligram.

2. Jahe

Jahe dipercaya dapat membuat siklus haid menjadi lancar. Kendati demikian, keefektivitasan manfaat jahe sebagai minuman pelancar haid masih perlu diteliti lebih lanjut. Manfaat jahe yang berkaitan dengan menstruasi adalah meringankan gejala premenstrual syndrome (PMS) dan meredakan nyeri haid.

3. Nanas

Nanas mengandung bromelain, yaitu enzim yang diklaim dapat melunakkan dinding rahim sehingga melancarkan siklus haid. Anda dapat menjadikan nanas sebagai minuman pelancar haid dengan cara membuatnya menjadi jus.Meski demikian, masih perlu diteliti lebih lanjut mengenai keefektivitasan nanas sebagai minuman pelancar haid untuk melancarkan siklus menstruasi.

4. Kayu manis

Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu memperbaiki siklus menstruasi agar lebih teratur. Anda hanya perlu menyeduh kayu manis dengan air hangat, atau mencampurkan kayu manis ke dalam teh hangat. Selain membantu memperlancar siklus haid, minuman pelancar haid yang terbuat dari kayu manis dipercaya dapat mengurangi nyeri haid serta menjadi salah satu pilihan pengobatan untuk mengatasi kondisi PCOS.

5. Cuka apel

Menurut sebuah hasil studi, minum 15 gram cuka apel secara rutin dipercaya dapat melancarkan siklus haid pada penderita PCOS. Anda dapat membuat cuka apel sebagai minuman pelancar haid dengan cara meminumnya secara langsung atau mencampurkannya ke dalam segelas air dan satu sendok makan madu. Selain memperlancar siklus haid pada penderita PCOS, cuka apel dapat menurunkan kadar gula darah dan insulin, serta dapat menurunkan berat badan.

Meski diyakini dapat melancarkan siklus haid, sebaiknya jangan hanya mengandalkan minuman pelancar haid. Anda juga perlu mengubah gaya hidup dengan mengatur pola makan dan rutin berolahraga. Makanlah makanan yang tinggi folat, lemak, dan berbagai vitamin. Jika siklus haid masih tidak teratur setelah minum minuman pelancar haid alami, segera konsultasikan dengan dokter.

SUMBER: TEMPO.CO




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment