Agar Terhindar dari Dampak Besar Resesi, Ada Beberapa Hal yang Patut Dipersiapkan

By Administrator 29 Sep 2020, 11:00:21 WIB Gaya Hidup
Agar Terhindar dari Dampak Besar Resesi, Ada Beberapa Hal yang Patut Dipersiapkan

SAAT ini, wabah Covid-19 masih juga terlihat belum berakhir. Nah, akibat dari pandemi yang masih berkelanjutan ini akhirnya berdampak negatif pada perekonomian dan membuat terjadinya resesi.

Resesi sendiri dapat dikatakan menurunnya kegiatan ekonomi secara signifikan. Hal ini dapat terjadi selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Di saat ekonomi sedang merosot, maka hal ini bisa menyebabkan berkurangnya pendapatan masyarakat, daya beli menurun, PHK massal, hingga menyebabkan banyaknya pengangguran. Karena itu, agar terhindar dari dampak besar resesi, tentunya ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebagaimana berikut ini. 

1. Siapkan Dana Darurat

Baca Lainnya :

Dana darurat sendiri memang sangat penting, apalagi saat masa resesi. Karena itulah, sangat penting bagimu untuk bisa menyiapkan dana darurat sebelum resesi terjadi. Menyiapkan dana darurat dari sekarang tentu saja jauh lebih baik dibandingkan kamu harus berhutang nantinya.

Di saat ekonomi sedang tidak stabil tersebut, pastikan dana darurat tersebut bisa mencukupi kebutuhan hidup selama 3 sampai 6 bulan. Namun jika jumlah tersebut terlalu besar, kamu tetap dapat menabungnya sesuai kemampuanmu secara rutin. Di samping itu, batasilah pengeluaran yang tidak penting.

Jika dana darurat tersebut masih dalam bentuk benda, lebih baik kamu segera mencairkannya dalam bentuk uang tunai. Selain itu, mengingat ini sebagai dana darurat, maka lebih baik gunakan dana tersebut untuk hal yang memang mendesak di masa resesi.

2. Lunasi Hutang

Terbebani oleh hutang di saat masa resesi adalah keadaan yang sangat buruk. Oleh karena itu, sebelum keadaan menjadi sulit kamu harus segera mengupayakan untuk melunasi semua hutang yang ada sebisa mungkin. Utamakan untuk segera melunasi hutang yang memiliki bunga tinggi dan hutang yang sulit ditangguhkan, seperti hutang kartu kredit dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga perlu menghindari diri dari berhutang, apalagi sampai menggunakan kartu kredit atau membeli barang dengan cara kredit. Karena hal semacam ini akan semakin memperburuk kondisi keuanganmu di masa resesi.

3. Memulai Bisnis Sampingan

Manfaatkan peluang untuk memulai bisnis sampingan dalam menghadapi resesi.© Disediakan oleh Beautynesia Manfaatkan peluang untuk memulai bisnis sampingan dalam menghadapi resesi.

Memulai Bisnis Sampingan/Freepik.com 

Meskipun pekerjaanmu saat ini masih terlihat stabil dan aman-aman saja, namun jangan terlalu nyaman dengan situasi tersebut. Tentunya kamu perlu mempersiapkan diri terhadap kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi. Karena itu, kamu perlu memanfaatkan peluang yang ada di sekitarmu, misalnya dengan mencoba memulai bisnis sampingan di luar pekerjaanmu. Kamu bisa mencoba berbisnis sesuai kemampuanmu, baik itu berupa usaha makanan, jualan online, hingga jasa keterampilan yang kamu miliki. 

Mendapatkan penghasilan tambahan melalui bisnis sampingan di masa resesi, akan sangat membantumu dalam menghadapi situasi ekonomi yang sedang buruk.

4. Berinvestasi

Investasi juga dapat membantu selama masa resesi. Investasi juga dapat membantu selama masa resesi.

Sama halnya dengan dana darurat, investasi yang merupakan tabungan jangka panjang juga bisa membantu keuanganmu di masa resesi. Daripada harus menjual barang-barang penting untuk biaya yang dibutuhkan nantinya, akan lebih tepat rasanya jika kamu memilih untuk berinvestasi dari sekarang. Namun lakukan investasi di aset yang aman, jangan yang beresiko. 

Sumber Beutynesia 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment